Yayasan Sasi Alam Indonesia

Climate Action Conference: Konferensi Aksi Adaptasi Terhadap Perubahan Iklim

Manajer program Yasi.ID, Hana Tirza C. Theorupun, bersama dengan pemimpin muda lainnya dari program INSPIRASI Indonesia Young Leaders Programme, mendapat kesempatan untuk mempresentasikan aksi-aksi adaptasi perubahan iklim di wilayah timur Indonesia kepada pelajar dan mahasiswa pada Climate Action Conference yang diselenggarakan di Auckland University, Selandia Baru.

Tirza berbagi tentang pentingnya advokasi dan penguatan adaptasi perubahan iklim di pulau-pulau kecil. Salah satunya adalah melalui program kolaborasi antara Yasi.ID dan Ikatana Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Pulau Osi untuk membangun ketahanan masyarakat dan mengantisipasi krisis iklim di Pulau Osi, Seram Bagian Barat, Maluku.

Rangkaian foto dan media presentasi

Upaya penguatan adaptasi dan mitigasi masyarakat di pulau-pulau kecil terhadap perubahan iklim harus didasarkan pada konteks lokal melalui pendekatan yang partisipatif. Program ini menggunakan pendekatan Co-design, metode partisipatif untuk merancang solusi, strategi, dan model adaptasi perubahan iklim dengan memperkuat ketahanan masyarakat. Selain itu, Yasi.ID juga memperkuat riset, pemetaan partisipatif, diskusi kelompok terarah, keterlibatan pemangku kepentingan, diskusi publik, dan observasi untuk membangun kesadaran kolektif dalam menghadapi krisis iklim.

Tirza juga berbagi tentang model prototipe adaptasi perubahan yang dikembangkan oleh anak-anak muda di Pulau Osi bersama Yasi.ID melalui program ini. Yasi.ID berkomitmen untuk terus berkolaborasi dan mendampingi masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil dalam menghadapi krisis iklim.

Bagikan halaman ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
Tentang penulis:
yasi
yasi

Artikel terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *